Model Pembelajaran Tematik Sd Mi Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Berikut ini yakni berkas terkena paparan Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint.

 Berikut ini yakni berkas terkena paparan Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas  Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas terkena Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Latar Belakang
  • Peserta didik kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) sehingga pembelajarannya masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya. 
  • Pelaksanaan aktivitas pembelajaran di SD kelas I – III yang terpisah untuk setiap mata pelajaran, akan menyebabkan kurang berbagi anak untuk berpikir holistik.
  • Terdapat permasalahan pada kelas awal (I-III) antara lain yakni tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah.

Pengertian
  • Pembelajaran tematik yakni pembelajaran terpadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga sanggup mempersembahkan pengalaman mencar ilmu yang bermakna kepada penerima didik. 
  • Tema yakni pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran. 

Tujuan
  • Memusatkan perhatian penerima didik simpel pada suatu tema materi yang jelas; 
  • Mengembangkan banyak sekali kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama; 
  • Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; 
  • Megampangkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan materi asuh yang efektif. 

Manfaat Pembelajaran Tematik
  • Menghilangkan tumpang tindih materi ajar.
  • Peserta didik memahami korelasi yang bermakna antar mata pelajaran. 
  • Pembelajaran menjadi utuh oleh penerima didik akan mendapat pengertian terkena konsep dan materi yang tidak terpecah-pecah.
  • Penguasaan konsep oleh penerima didik akan semakin baik meningkatan.

Karakteristik Pembelajaran Tematik 
  • Berpusat pada penerima didik
  • Memdiberikan pengalaman langsung
  • Tidak terjadi pemisahan mata pelajaran 
  • Menyajikan konsep yang terpadu dari banyak sekali mata pelajaran 
  • Bersifat fleksibel
  • Proses pembelajaran simpel diubahsuaikan dengan minat dan kebutuhan penerima didik
  • Menggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan sangat bahagia

Implikasi Pembelajaran Tematik
Implikasi bagi:
  • Guru : harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman mencar ilmu bagi penerima didik, menentukan kompetensi dari banyak sekali mata pelajaran dan mengaturnya biar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarikdanunik, sangat senang dan utuh. 
  • Peserta didik: harus siap mengikuti aktivitas pembelajaran baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal dan mengikuti secara aktif aktivitas pembelajaran yang bervariasi.

Sarana pramasukana, sumber mencar ilmu dan media:
  • Memerlukan banyak sekali masukana dan pramasukana belajar. 
  • Memanfaatkan banyak sekali sumber belajar.
  • Mengoptimalkan penerapan media pembelajaran yang bervariasi.
  • Masih sanggup memakai materi asuh yang sudah ada dikala ini untuk masing-masing mata pelajaran dan memakai buku komplemen khusus yang memuat materi asuh yang terintegrasi .

Pengaturan ruang kelas:
  • Ruang perlu ditata diubahsuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan. 
  • Susunan dingklik penerima didik sanggup berubah-ubah diubahsuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
  • Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi sanggup duduk di tikar/ karpet
  • Dinding kelas sanggup dimanfaatkan untuk memajang hasil karya penerima didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
  • Alat, masukana dan sumber mencar ilmu hendaknya dikelola sehingga megampangkan penerima didik untuk memakai dan menyimpannya kembali.

Pemilihan metode: pembelajaran dilakukan dengan memakai banyak sekali variasi metode (percobaan, bermain peran, tanya jawaban, demonstrasi, bercakap-cakap) baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Dalam Tema
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh tiruana standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.

Penilaian Dalam Pembelajaran Tematik
  • Penilaian dalam pembelajaran tematik yakni suatu perjuangan untuk mendapat banyak sekali isu secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang sudah dicapai oleh penerima didik melalui pembelajaran. 
  • Penilaian di kelas I, II, dan III mengikuti hukum evaluasi jasus pelajaran lain di Sekolah Dasar. Mengingat bahwa penerima didik kelas I SD belum tiruananya lancar membaca dan menulis, maka cara evaluasi di kelas I tidak ditekankan pada evaluasi secara tertulis.
  • Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung ialah kemampuan yang harus dikuasai oleh penerima didik. Oleh alasannya yakni itu, penguasaan terhadap ke kemampuan tersebut yakni prasyarat untuk kenaikan kelas.
  • Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator masing-masing Kompetensi Dasar dari masing-masing mata pelajaran.
  • Penilaian dilakukan secara terus menerus dan selama proses mencar ilmu mengajar berlangsung, contohnya sewaktu penerima didik menceritakan pada aktivitas awal, membaca pada aktivitas inti, dan menyanyi pada aktivitas akhir.
  • Hasil karya/kerja penerima didik sanggup dipakai sebagai materi masukan bagi guru dalam mengambil keputusan untuk penerima didik misalnya: penerapan tanda baca, ejaan kata, maupun angka. 
  • Pada pembelajaran tematik evaluasi dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut. melaluiataubersamaini demikian evaluasi dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator mata pelajaran.
  • Nilai selesai pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang terdapat pada kelas I, II, dan III Sekolah Dasar.
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas tentang Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013



Download File:
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013.pptx

Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file paparan terkena Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaa.
Model Pembelajaran Tematik Sd Mi Kelas 1-3 Kurikulum 2013 Model Pembelajaran Tematik Sd Mi Kelas 1-3 Kurikulum 2013 Reviewed by informasi populer on Juni 08, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.