Contoh Dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp Kurikulum 2013

Berikut ini ialah berkas misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF. Untuk RPP Revisi 2018/2018 tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP antara lain Komponen RPP, Keterampilan Abad 21 (Komunikasi, Kreatif, Kolaboratif, Berfikir Kritis), Penguatan Karakter, dan Integrasi Literasi. cepatdangampang-gampangan misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini bisa menjadi salah satu pemanis teladan atau referensi.

 Berikut ini ialah berkas misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum  misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013
misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Komponen RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, ialah sebagai diberikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran ialah pembagian terstruktur mengenai rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat menolong proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
  11. Sumber Belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan penlampauan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013:

Sekolah             : … (Misal: Sekolah Menengah Pertama …)
Mata Pelajaran  : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok    : ... (Misal: Pengukuran)
Alokasi Waktu  : … (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))

A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung tanggapan dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
  1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
  2. Indikator ialah jabaran dari KD.
  3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
  4. Indikator KD dari KI-3 mencakup beberapa aspek pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

    Download misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

    Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013



    Download File:

    misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.docx
    misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file misal dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaa.
    Contoh Dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp Kurikulum 2013 Contoh Dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp Kurikulum 2013 Reviewed by informasi populer on Juni 28, 2018 Rating: 5
    Diberdayakan oleh Blogger.