Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK. Download file format PDF.
Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK |
Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK:
Nenek moyang bangsa Indonesia sudah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin derasnya arus globalisasi menyerupai ketika ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk sanggup memanfaatkan arus globalisasi menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum keberagaman peradaban banyak sekali bangsa yang terlestarikan.
Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X yaitu salah satu perjuangan untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari banyak sekali penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya dilampaui dengan mengajak penerima didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya dengan menggandakan dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah. Pada akhirnya, penerima didik diajak mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu pementasan kolaboratif banyak sekali ragam seni budaya yang saling bersinergi.
Sebagai bab dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup beberapa aspek studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan perilaku apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil final dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan spesialuntuk berguru wacana seni budaya, tetapi juga berguru melalui seni budaya dan berguru dengan seni budaya. Pembelajarannya dirancang berbasis kegiatan dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, pelengkap bahan yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diperlukan untuk dimenambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun pedoman 2013/2014 sudah mendapat jawaban yang sangat faktual dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seterbaik mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun pedoman 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca mempersembahkan Koreksi, masukan dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi diberikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. cepatdangampang-gampangan kita sanggup mempersembahkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Daftar Isi
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
Nenek moyang bangsa Indonesia sudah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin derasnya arus globalisasi menyerupai ketika ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk sanggup memanfaatkan arus globalisasi menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum keberagaman peradaban banyak sekali bangsa yang terlestarikan.
Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X yaitu salah satu perjuangan untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari banyak sekali penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya dilampaui dengan mengajak penerima didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya dengan menggandakan dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah. Pada akhirnya, penerima didik diajak mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu pementasan kolaboratif banyak sekali ragam seni budaya yang saling bersinergi.
Sebagai bab dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup beberapa aspek studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan perilaku apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil final dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan spesialuntuk berguru wacana seni budaya, tetapi juga berguru melalui seni budaya dan berguru dengan seni budaya. Pembelajarannya dirancang berbasis kegiatan dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, pelengkap bahan yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diperlukan untuk dimenambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun pedoman 2013/2014 sudah mendapat jawaban yang sangat faktual dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seterbaik mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun pedoman 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca mempersembahkan Koreksi, masukan dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi diberikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. cepatdangampang-gampangan kita sanggup mempersembahkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Daftar Isi
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
B. Unsur dan Obyek Karya seni Rupa Dua Dimensi
C. Medium, Alat, Bahan dan, Teknik
D. Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian dan Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
B. Simbol dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
C. Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
D. Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi
Bab 3 Jenis/Genre Musik
Bab 3 Jenis/Genre Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Musik
B. Musik Sebagai Simbol
C. Nilai-Nilai Estetika Musik
D. Fungsi Musik
E. Praktik Musik
Bab 4 Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik
Bab 4 Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Kolaborasi Seni
B. Eksplorasi Musik
C. Gerak dalam Permainan Musik
D. Gerak dan Visual Dalam Permainan Musik
Bab 5 Jenis/Genre Tari
Bab 5 Jenis/Genre Tari
A. Jenis/Genre Tari
B. Tari Sebagai Simbol
C. Nilai Estetis dalam Gerak Tari
D. Praktik Gerak Dasar Tari Sesuai Hitungan
Bab 6 Kreativitas Tari
Bab 6 Kreativitas Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Kreativitas Tari
B. Proses Kreativitas Tari
C. Menyusun Karya Tari
D. Menampilkan Karya Tari melaluiataubersamaini Ienteng
Bab 7 Pemeranan
Bab 7 Pemeranan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pemeranan
B. Unsur Pemeranan
C. Teknik Dasar Pemeranan
D. Kreativitas Pemeranan
Bab 8 Bekarya Teater
Bab 8 Bekarya Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Teater
B. Jenis Teater
C. Aspek-Aspek Teater
D. Simbol Teater
E. Nilai Estetis
F. Kreativitas Teater
Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa
Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pameran
A. Pengertian Pameran
B. Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran
C. Merencanakan, Mempersiapkan, dan Melaksanakan Pameran
Bab 10 Kritik Karya Seni Rupa
Bab 10 Kritik Karya Seni Rupa
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Kritik Karya Seni Rupa
B. Jenis Kritik Karya Seni Rupa
C. Fungsi Kritik Karya Seni Rupa
D. Menulis Kritik
Bab 11 Pertunjukan Musik
Bab 11 Pertunjukan Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Konsep Pertunjukan Musik
B. Teknik Pertujukan Musik
C. Prosedur Pertunjukan Musik
D. Pertunjukan Musik \
Bab 12 Kritik Musik
Bab 12 Kritik Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Kritik
B. Jenis Kritik Musik Dalam Pembelajaran
C. Langkah-langkah dan Penulisan Kritik Musik
D. Mengomunikasikan Kritik Musik
Bab 13 Pergelaran Karya Seni Tari
Bab 13 Pergelaran Karya Seni Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Pergelaran
B. Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari
C. Unsur Pendukung Pergelaran Tari
D. Pergelaran Tari
Bab 14 Kritik Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Kritik Tari
B. Jenis Kritik Tari
C. Fungsi Kritik Tari
D. Simbol Karya Tari Dalam Kritik Tari
E. Nilai Estetis Dalam Kritik Tari
F. Membuat Tulisan Dalam Kritik Tari
Bab 15 Pergelaran Teater
Bab 15 Pergelaran Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pergelaran Teater
B. Unsur Pergelaran Teater
C. Teknik Pergelaran Teater
D. Kreativitas Pergelaran Teater
Bab 16 Kritik Teater
Kompetensi Inti
Bab 16 Kritik Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian dan Unsur Kritik
B. Jenis dan Fungsi Kritik
C. Menulis Kritik Teater
Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK
Download File:
Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK. Semoga bisa bermanfaa.
Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) Sma Ma Smk Mak
Reviewed by informasi populer
on
Juni 21, 2018
Rating: