Berikut ini ialah berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud Tahun 2018. Modul ini ialah modul petes kurikulum 2013 bagi kepala sekolah tahun 2018. Download file format PDF.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK |
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK:
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH
- Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah jenjang Sekolah Menengah kejuruan meliputi pembelajaran wacana (1) Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK), (2) Analisis Kompetensi, Pembelajaran, dan Penilaian, (3) Penyusunan Silabus, (4) Perancangan Pembelajaran, dan (5) Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar, (6) Strategi Pengelolaan Implementasi kurikulum 2013, dan (7) Strategi Penyempurnaan Buku KTSP.
- Sesudah mempelajari modul ini, kepala sekolah diharapkan dapat: a. memahami spektrum PMK dan struktur kurikulum Sekolah Menengah kejuruan b. menganalisis dokumen SKL, KI, KD, IPK, materi dan tujuan pembelajaran c. menganalisis model pembelajaran d. merencanakan praktik kerja lapangan akseptor didik e. memutuskan kriteria ketuntasan minimal f. menganalisis evaluasi hasil berguru g. berbagi silabus h. merancang aktivitas tahunan dan aktivitas semester i. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) j. mengolah evaluasi dan membuat laporan evaluasi hasil berguru k. menyusun taktik pengelolaan implementasi kurikulum l. menyusun taktik penyempurnaan buku KTSP.
- Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dalam Implementasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengah kejuruan terdiri dari 3 (.tiga) bab yaitu: Bagian I. Penjelasan Umum Modul; Bagian II. Prinsip Penyusunan Kurikulum 2013 SMK; Bagian III. Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013.
- Sebelum mempelajari modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dalam Implementasi Kurikulum 2013 ini, Saudara harus menyiapkan dokumen-dokumen diberikut: a. Dukumen 1 KTSP yang sedang berlaku di sekolah Saudara b. Dokumen Silabus salah satu mata pelajaran c. Satu perangkat dokumen RPP salah satu guru.
- Modul ini berkaitan dengan modul Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 2013.
- Waktu yang dipergunakan untuk mempelajari modul ini diperkirakan 25 Jam Pembelajaran (JP). Satu JP setara dengan 45 menit. Perkiraan waktu ini sangat fleksibel sehingga bias diubahsuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Penyelenggara pembelajaran bisa menyesuaikan waktu dengan model pembelajaran di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPTK KPTK), atau model pembelajaran lain dengan memanfaatkan teknologi lain.
- Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca petunjuk dan pengantar modul ini, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara sanggup membaca materi bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
- Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang dibutuhkan akseptor didik semoga bisa bertahan di kurun XXI, yakni literasi dasar (bagaimana akseptor didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana akseptor didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan huruf (bagaimana akseptor didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).
- Sesudah mempelajari modul ini, Saudara sanggup mengimplementasikan hasil berguru tersebut di sekolah dengan tetap mengintegrasikan literasi, kompetensi dan karakter. Waktu pelaksanaan yang direkomendasikan ialah pada awal tahun pedoman (semester satu).
PENJELASAN UMUM MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Pengantar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 wacana Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sanggup melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling usang hingga dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memdiberi peluang kepada sekolah untuk melaksanakan persiapan implementasi Kurikulum 2013.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dan Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang dibutuhkan akseptor didik semoga bisa bertahan di kurun XXI, yakni literasi dasar (bagaimana akseptor didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana akseptor didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan huruf (bagaimana akseptor didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).
Literasi menjadi masukana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di kursi sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan kebijaksanaan pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini ialah dasar bagi pengembangan melek dalam banyak sekali hal. Pencapaian kompetensi akseptor didik diukur melalui evaluasi hasil belajar. Penilaian hasil berguru ialah proses pengumpulan informasi/data wacana capaian berguru akseptor didik. Penilaian tersebut sanggup dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Kepala sekolah mengelola pendidik (guru) melaksanakan pemantauan proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan huruf (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Kemdikbud, 2016). Implementasi PPK sanggup dilakukan dengan tiga pendekatan utama, yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan ialah satu kesatuan yang utuh. Pendekatan ini sanggup memmenolong satuan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan aktivitas dan kegiatan PPK.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dalam Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah kejuruan memfasilitasi Saudara untuk memahami konsep dan prinsip, dan sanggup mengimplementasikan Kurikulum 2013 Sekolah Menengah kejuruan di Sekolah yang Saudara pimpin.
Ruang lingkup isi Modul ini terdiri atas bahasan perihal: (1) Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK); (2) Analisis Kompetensi, Pembelajaran, dan Penilaian; (3) Penyusunan Silabus; (4) Perancangan Pembelajaran; (5) Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar; (6) Strategi Pengelolaan Implementasi Kurikulum 2013; dan (7) Strategi Penyempurnaan Buku KTSP.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, pada bab 2 modul ini terdiri dari kegiatan (1) memahami Spektrum Keahlian PMK, (2) memahami Struktur Kurikulum 2013 SMK. Topik 2 (dua) Analisis Kompetensi, Pembelajaran, dan Penilaian meliputi (3) menganalisis Dokumen SKL, KI, KD, (4) Menganalisis IPK, Materi, dan Tujuan Pembelajaran, (5) Menganalisis Model Pembelajaran, dan (6) Merencanakan Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik (7) Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (8) menganalisis Penilaian Hasil Belajar. Sedangkan topik 3 Penyusunan Silabus spesialuntuk kegiatan (9) menyusun Silabus. Topik 4 Perancangan Pembelajaran meliputi (10) menyusun aktivitas tahunan dan aktivitas semester, (11) menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). Topik 5 Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar meliputi (10) mengolah evaluasi hasil belajar, dan (12) membuat laporan evaluasi hasil belajar). Dan pada bab 3 (tiga) terdiri dari (1) Mengelola Implementasi Kurikulum 2013, (2) Strategi Penyempurnaan Buku 1 KTSP, (3) Strategi Penyempurnaan Buku 2 dan 3 KTSP .
Sesudah mempelajari modul ini, Saudara sanggup mengimplementasikan hasil berguru tersebut di sekolah dengan tetap mengintegrasikan literasi, kompetensi dan huruf sebagai bekal keterampilan akseptor didik semoga bisa bertahan di kurun XXI.
Tujuan Pembelajaran
Sesudah mempelajari modul ini, kepala sekolah diharapkan mampu:
- memahami spektrum PMK dan struktur kurikulum SMK
- menganalisis dokumen SKL, KI, KD, IPK, materi dan tujuan pembelajaran
- menganalisis model pembelajaran
- merencanakan praktik kerja lapangan akseptor didik
- menetapkan kriteria ketuntasan minimal
- menganalisis evaluasi hasil belajar
- mengembangkan silabus
- merancang aktivitas tahunan dan aktivitas semester
- menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- mengolah evaluasi dan membuat laporan evaluasi hasil belajar
- menyusun taktik pengelolaan implementasi kurikulum
- menyusun taktik penyempurnaan buku KTSP
Isi Modul
Prinsip Penyusunan Kurikulum 2013
Topik 1. Spektrum Keahlian PMK
Topik 2. Analisis Kompetensi, Pembelajaran dan Penilaian
Topik 3. Pengembangan Silabus
Topik 4. Perancangan Pembelajaran
Topik 5. Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013
Topik 1. Startegi Pengeloalan Implementasi Kurikulum 2013
Topik 2. Strategi Penyempurnaan Buku KTSP
PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM 2013 SMK
Pengantar
Saat pelaksanaan petes Kurikulum 2013 SMK, Saudara berkumpul bersama kepala sekolah lain untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut terdiri atas lima topik, yaitu (1) Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK), (2) Analisis Kompetensi, Pembelajaran, dan Penilaian, (3) Penyusunan Silabus, (4) Perancangan Pembelajaran, dan (5) Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.
Topik 1 Spektrum Keahlian PMK meliputi (1) memahami Spektrum Keahlian PMK, (2) memahami Struktur Kurikulum 2013 SMK. Topik 2 Analisis Kompetensi, Pembelajaran, dan Penilaian meliputi (3) menganalisis Dokumen SKL, KI, KD, (4) menganalisis IPK, Materi, dan Tujuan Pembelajaran, (5) menganalisis Model Pembelajaran, dan (6) merencanakan praktik kerja lapangan akseptor didik (7) memutuskan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (8) menganalisis Penilaian Hasil Belajar. Topik 3 Penyusunan Silabus spesialuntuk kegiatan (9) berbagi Silabus. Topik 4 Perancangan Pembelajaran meliputi kegiatan (10) menyusun aktivitas tahunan dan aktivitas semester, (11) menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). Topik 5 Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar ialah kegiatan (12) praktik pengolahan dan pelaporan evaluasi hasil belajar.
Kegiatan-kegiatan tersebut dicapai melalui taktik diskusi kelompok, studi kasus, curah pendapat (brainstorming), dan presentasi. Saudara sanggup melakukannya secara berkelompok, namun Jika tidak memungkinkan alasannya jumlah akseptor terbatas, silakan kerjakan kegiatan secara individual.
Topik 1 Spektrum Keahlian PMK
Topik 1 ini mempersembahkan pengetahuan dan keterampilan kepada Saudara untuk memahami Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016 wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, menggantikan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan yang diberlakukan pada tahun 2013. Pada keputusan tersebut ditegaskan bahwa “Spektrum sebagaimana dimaksud ialah pola dalam pembukaan dan penyelenggaraan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian pada SMK/MAK”. Juga memahami Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah kejuruan mengacu pada Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 13/D/KEP/KR/2017 wacana Struktur Kurikulum SMK.
Kegiatan utama yang dilakukan pada topik 1 berupa kegiatan diskusi kelompok, mengamati, mengidentifikasi, curah pendapat, dan presentasi wacana perancangan Spektrum Keahlian PMK; Spektrum Keahlian yang berlaku; aktivitas pendidikan 3 Tahun dan 4 Tahun di SMK, serta Struktur Kurikulum 2013 SMK. Sebagai acuan kegiatan ini, Saudara sanggup membaca materi bacaan 1 dan embel-embel wacana Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016 wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
melaluiataubersamaini melaksanakan serangkaian kegiatan pada topik 1 ini, Saudara akan latihan memahami jenis-jenis aktivitas pendidikan serta rambu-rambu penyelenggaraannya, sebagai pola dalam membuka dan berbagi aktivitas pendidikan pada SMK/MAK. Pada Spektrum Keahlian diorganisasikan dalam bentuk Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian; dilengkapi dengan ruang lingkup kompetensi untuk masing-masing Kompetensi Keahlian. di sekolah kawasan Saudara bertugas.
Download Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK
Download File:
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMK. Semoga bisa bermanfaa.
Modul Administrasi Implementasi Kurikulum 2013 Smk
Reviewed by informasi populer
on
Mei 30, 2018
Rating: