Aplikasi Dan Panduan E-Rapor Smp 2017-2018

Berikut ini yakni berkas Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018. Aplikasi e-Rapor SMP ini ialah aplikasi untuk Raport (Penilaian) resmi dari Direktorat Pembinaan SMP - Dirjen Dikdasmen - Kemdikbud RI.

 Berikut ini yakni berkas Aplikasi dan Panduan E Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP 2017-2018
Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018

Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Tahun 2017-2018:

Pengantar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan menandakan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil berguru oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil berguru oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru akseptor didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil berguru dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.

Proses penilaian hasil berguru akseptor didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berbagi aplikasi e-Rapor utuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penerapannya.

Panduan ini meliputi wacana aplikasi e-Rapor berbasis web, yang memuat wacana prosedur hingga kewenangan dari pengguna aplikasi e-Rapor tersebut. Secara rinci juga dijelaskan wacana panduan penerapan e-Rapor untuk Admin, Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, dan Peserta Didik. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam memakai aplikasi e-Rapor dalam merencanakan dan melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi akseptor didik.

Direktorat Pembinaan SMP memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kiprah aneka macam pihak dalam penyusunan aplikasi e-Rapor ini. Secara khusus disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada tim pengembang yang sudah bekerja keras dalam merampungkan aplikasi e-Rapor beserta panduannya. Masukan dari aneka macam pihak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan aplikasi e-Rapor lebih lanjut.

Latar Belakang
Kurikulum 2013 sudah diimplementasikan secara sedikit demi sedikit mulai tahun pelajaran
2013/2014.Komponen penting implementasi Kurikulum 2013 yakni pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik, untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai pada para akseptor didik.

Seiring dengan perkembangan kebijakan pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan, serta upaya perubahan paradigma penilaian yang tiruanla lebih mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning), menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning), dibutuhkan masukana yang efektif dan memadai untuk menindaklanjuti dan memanfaatkan proses dan hasil penilaian tersebut.

Selain itu, dalam rangka peningkatan mutu dan layanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di bidang pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan berbagi Aplikasi E-Rapor SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Aplikasi e-Rapor SMP ini dikembangkan dengan merujuk kepada panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.

Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan.
  2. Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 wacana KI dan KD.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.
  4. Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama tahun 2017.

Tujuan Penyusunan Panduan
Panduan ini disusun dengan tujuan sebagai diberikut:
  1. Memdiberikan pemahaman kepada admin sekolah wacana karakteristik aplikasi e- Rapor SMP;
  2. Memdiberikan panduan kepada admin sekolah wacana langkah-langkah instalasi aplikasi e-Rapor SMP;
  3. Memdiberikan pemahaman kepada admin sekolah wacana prosedur penerapan aplikasi e-Rapor SMP;
  4. Memdiberikan panduan kepada guru mata pelajaran wacana prosedur penerapan aplikasi e-Rapor SMP;
  5. Memdiberikan panduan kepada wali kelas wacana prosedur penerapan aplikasi e-Rapor SMP;
  6. Memdiberikan panduan kepada guru Bimbingan dan Konseling (BK) wacana prosedur penerapan aplikasi e-Rapor SMP;
  7. Memdiberikan panduan kepada akseptor didik wacana prosedur penerapan aplikasi e-Rapor SMP. 

Ruang Lingkup
Ruang lingkup panduan e-Rapor SMP ini meliputi beberapa aspek karakteristik aplikasi e-Rapor SMP, alur data e-Rapor SMP, level kewenangan pengguna e-Rapor SMP yang meliputi kewenangan admin, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan siswa.

Panduan untuk admin meliputi langkah kiprah dan kewenangan admin, alur kerja admin dari instalasi e-Rapor SMP hingga pengiriman nilai ke server Dapodik.

Panduan untuk guru mata pelajaran meliputi kiprah dan kewenangan guru mata pelajaran dalam hubungannya dengan e-Rapor SMP. Demikian halnya alur kerja guru mata pelajaran mulai merencanakan penilaian yang meliputi beberapa aspek empat aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, perilaku spiritual dan perilaku sosial. Selanjutnya guru mata pelajaran menginput nilai baik secara manual maupun dengan cara impor.

Panduan untuk guru bimbingan dan konseling, meliputi beberapa aspek kewenangan guru Bimbingan dan Konseling dalam e-Rapor SMP serta langkah perencanaan dan input nilai perilaku baik spiritual mapun sosial. Dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling juga sanggup memantau grafik perkembangan nilai siswa dari setiap semester.

Panduan untuk wali kelas meliputi beberapa aspek kewenangan wali kelas dalam e-Rapor SMP serta langkah input nilai sikap, input kehadiran siswa, input nilai ekstra kurikuler, input catatan wali dan cetak rapor.

Panduan untuk siswa meliputi beberapa aspek kewenangan siswa dalam e-Rapor SMP serta panduan untuk melihat nilai dalam e-Rapor.

Samasukan Pengguna
Panduan ini diperuntukkan bagi pihak-pihak sebagai diberikut:
  1. Admin e-Rapor
  2. Guru mata pelajaran
  3. Guru bimbingan dan konseling
  4. Wali Kelas
  5. Siswa
  6. Kepala Sekolah
  7. Orantua/wali anakdidik

    Download Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018

    Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:

    Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017-2018
    Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018
    Panduan Penilaian SMP Terbaru Versi Tahun 2017


    Sumber: 
    Direktorat Pembinaan SMP - Dirjen Dikdasmen - Kemdikbud - http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Aplikasi dan Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017-2018. Semoga sanggup bermanfaa.
    Aplikasi Dan Panduan E-Rapor Smp 2017-2018 Aplikasi Dan Panduan E-Rapor Smp 2017-2018 Reviewed by informasi populer on November 14, 2017 Rating: 5
    Diberdayakan oleh Blogger.