Panduan Kerja Tenaga Manajemen Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Berikut ini yaitu berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK) Tahun 2017. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Download file PDF.

 Berikut ini yaitu berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017
Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017:

Tenaga Administrasi Sekolah ialah tenaga pendidikan yang memegang kiprah penting dalam meningkatkan layanan manajemen sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka tenaga manajemen sekolah perlu mempunyai kompetensi yang dipersyaratkan semoga sanggup melaksanakan kiprah dan fungsinya dengan baik.

Dalam rangka mewujudkan tenaga manajemen sekolah/madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah sebagai ajaran dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya tersebut.

Salah satu upaya untuk membimbing tenaga manajemen dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya sehari-hari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah sudah menyusun panduan kerja dimaksud dan menerbitkannya menjadi sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan kerja ini meliputi klarifikasi wacana pelaksanaan kiprah kepala tenaga administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.

Panduan kerja ini diharapkan sanggup dijadikan pola bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan training bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Latar Belakang
Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang diberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, diberilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi masyarakat negara yang demokratis serta bertanggung jawaban. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut dibutuhkan sumber daya pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan, masyarakat, dana, masukana, dan pramasukana. Sebagai sumber daya pendidikan, tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah ialah tenaga kependidikan yang bertugas mempersembahkan sumbangan layanan manajemen sekolah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 wacana Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah mengambarkan bahwa tenaga manajemen sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga manajemen sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus. Pelaksana Urusan meliputi pelaksana urusan: manajemen kepegawaian, manajemen keuangan, manajemen masukana pramasukana, manajemen humas, manajemen persuratan dan kearsipan, manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, dan manajemen umum untuk SD/MI/SDLB. Petugas layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk sanggup diangkat sebagai tenaga manajemen sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga manajemen sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah meliputi beberapa aspek kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial. Pelaksana Urusan meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis pelaksana urusan, seangkan Petugas Layanan Khusus meliputi beberapa aspek kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus.

Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah disusun sebagai pola bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah semoga sanggup melaksanakan kiprah dan fungsinya dengan baik.

Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 wacana Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 wacana Penilaian Prestasi Kerja PNS.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 wacana Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 wacana Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2009 yang diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 30 Tahun 2011 wacana Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Satuan Pendidikan.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 wacana Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota yang sudah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 wacana Standar Pelayanan Minimal.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2010 wacana Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria di Bidang Pendidikan.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 wacana Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan
Panduan kerja ini disusun sebagai pola bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah semoga sanggup menjalankan kiprah dan fungsinya dengan baik dalam rangka memenuhi Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan ini juga sanggup dipakai sebagai pola bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan training bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah.

Samasukan
Samasukan pengguna Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah yaitu sebagai diberikut:
  1. tenaga perpustakaan sekolah/madrasah
  2. kepala sekolah/madrasah
  3. pengawas sekolah
  4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
  5. para pemangku kepentingan pendidikan lainnya yang bertugas melaksanakan training kepada tenaga perpustakaan.

Ruang Lingkup
Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah meliputi Penlampauan, Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah; Deskripsi Tugas Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, Samasukan Kerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan Penutup.

Dalam Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini dilampirkan secara lengkap contoh format manajemen untuk sekolah/madrasah diantaranya:

PELAYANAN KEPALA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH
  1. misal Buku Kegiatan Harian
  2. misal Surat Instruksi Kepala Sekolah
  3. misal Surat Kuasa
  4. misal Surat Keputusan
  5. misal Surat Keputusan
  6. misal Lembar Supervisi Administrasi Kepegawaian
  7. misal Lembar Supervisi Administrasi Keuangan
  8. misal Lembar Supervisi Administrasi Sarana dan Pramasukana Lampiran 9 misal Lembar Supervisi Administrasi Persuratan dan Pengarsipan Lampiran 10 misal Lembar Supervisi Administrasi Kesiswaan
  9. misal Program Kerja Kepala TAS
  10. misal Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Lampiran 13 misal Pembagian Tugas Tenaga Administrasi Sekolah
  11. misal Pembagian Tugas Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan
  12. misal Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Perubahan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
  1. misal Buku Kegiatan Harian Lampiran 17 misal Surat Keterangan Lampiran 18 misal Daftar Hadir Guru
  2. misal Laporan Bulanan Daftar Nominatif Pegawai
  3. misal Laporan Bulanan Daftar Hadir Kerja Pegawai
  4. misal Laporan Bulanan Daftar Jumlah Pegawai
  5. misal Laporan Bulanan Mutasi Data Pegawai
  6. misal Laporan Bulanan Rekapitulasi Jumlah Pegawai
  7. misal Format Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  8. misal Format Program Kerja Pelaksana Urusan Kepegawaian
  9. misal Format Surat Pengusulan Kenaikan Pangkat
  10. misal Format Analisis Kebutuhan Guru
  11. misal Format Analisis Kebutuhan Guru (SMK)
  12. misal Format Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah
  13. misal Surat Pengusulan Pensiun
  14. misal Persyaratan Administrasi Pengajuan Pensiun
  15. misal Surat Pengusulan Pensiun Batas Usia Penuh
  16. misal Blangko Penelitian Berkas Persyaratan Pensiun BIP/APS/Meninggal Dunia
  17. misal Persyaratan Administrasi Pengajuan Pensiun PNS Yang Meninggal Dunia (Pensiun Anak)
  18. misal Formulir Permohonan Karis/Karsu/Taspen
  19. misal Formulir Permohonan Karis/Karsu/Taspen

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KEUANGAN
  1. misal Buku Kegiatan Harian
  2. misal Laporan Keuangan Barang dan Jasa
  3. misal Rencana Penggunaan Anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP)/Sekolah (BOS)
  4. misal Laporan Keuangan BOP/BOS Lampiran 41 misal Format Buku Kas Umum Bulanan Lampiran 42 misal Format Buku Pemmenolong Kas Bulanan Lampiran 43 misal Format Buku Pemmenolong Bank Bulanan Lampiran 44 misal Format Buku Pemmenolong Pajak Bulanan Lampiran 45 misal Surat Kenaikan Gaji Berkala
  5. misal Program Kerja Pelaksana Urusan Keuangan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA
  1. misal Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Pramasukana
  2. misal Daftar Pengeluaran Barang Inventaris Lampiran 49 misal Daftar Pengeluaran Barang Non Inventaris Lampiran 50 misal Daftar Peminjaman Barang Inventaris Lampiran 51 misal Buku Induk Barang Inventaris
  3. misal Kartu Inventaris Barang (KIB) A Tanah
  4. misal Kartu Inventaris Barang (KIB) B Peralatan dan Mesin Lampiran 54 misal Kartu Inventaris Barang (KIB) C Gedung dan Bangunan Lampiran 55 misal Kartu Inventaris Barang (KIB) D Jalan, Irigasi dan Bangunan
  5. misal Kartu Inventaris Ruangan
  6. misal Daftar Penerimaan Barang Inventaris Lampiran 58 misal Daftar Penerimaan Barang Noninventaris Lampiran 59 misal Buku Pemeliharaan dan Perbaikan Lampiran 60 misal Format Barang ATK yang Harus Ditambah/Dibeli
  7. misal Kartu Stok Barang
  8. misal Stok Barang ATK yang Ada
  9. misal Program Kerja Pelaksana Urusan Sarana Pramasukana
  10. misal Daftar Kebutuhan Barang Inventaris dan Non inventaris
  11. misal Laporan Bulanan Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  12. misal Laporan Semesteran Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  13. misal Laporan Tahunan Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  14. misal Daftar Laboratorium/Bengkel Sekolah
  15. misal Formulir Denah Ruang dan Bangunan Laboratorium/Bengkel
  16. misal Daftar Peralatan Pendukung Laboratorium/Bengkel
  17. misal Penjadwalan Kegiatan Praktik Siswa
  18. misal Prosedur Operasi Standar
  19. misal Lembar Kerja Perawatan Alat dan Mesin Lampiran 74 misal Kegiatan Perawatan Alat dan Mesin Lampiran 75 misal Kartu Peminjaman Alat
  20. misal Bon Peminjaman Peralatan Laboratorium/Bengkel
  21. misal Daftar Pengeluaran Bahan Praktik Laboratorium/Bengkel
  22. misal Daftar Lomba Kompetensi Siswa (Job-sheet)
  23. misal Daftar Penyerahan Hasil Praktik Laboratorium/Bengkel
  24. misal Daftar Nilai Praktik Laboratorium/Bengkel

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT
  1. Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah melaluiataubersamaini Masyarakat
  2. misal Perjanjian Kerja sama Lampiran 83 misal Format Notulen Rapat
  3. misal Format Pengumuman
  4. misal Program Kerja Pelaksana Urusan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
  5. misal Daftar Hadir Praktik Kerja Industri

PELAYANAN ADMINISTRASI PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
  1. misal Buku Kegiatan Harian Pelayanan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan
  2. misal Kartu Kendali Surat Masuk dan Surat Keluar
  3. misal Format Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
  4. misal Surat Dinas
  5. misal Surat Undangan
  6. misal Surat Edaran
  7. misal Surat Tugas 1
  8. misal Surat Tugas 2
  9. misal Surat Perintah Perjalanan Dinas
  10. misal Surat Pengantar 1
  11. misal Surat Pengantar 2
  12. misal Surat Keterangan
  13. misal Surat Pernyataan
  14. misal Berita Acara
  15. misal Program Kerja Pelaksana Urusan Persuratan dan Pengarsipan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KESISWAAN
  1. misal Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Kesiswaan
  2. misal Surat Panggilan Orang Tua Siswa
  3. misal Surat Penskorsan
  4. misal Surat Pengunduran Diri
  5. misal Surat Mutasi Masuk Siswa
  6. misal Surat Keterangan Pindah/Keluar
  7. misal Surat Keterangan Pindah Sekolah
  8. misal Surat Keterangan Ijazah Asli Belum Jadi
  9. misal Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah
  10. misal Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang/Rusak
  11. misal Surat Keterangan Lainnya
  12. misal Surat Keputusan Tentang Tata Teknik Pemdiberian Penghargaan
  13. misal Buku Klafer Siswa
  14. misal Formulir Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru
  15. misal Bukti Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru
  16. misal Tanda Bukti Lapor Diri Siswa Baru
  17. misal Persyaratan Lapor Diri Siswa Baru
  18. misal Formulir Biodata Siswa
  19. misal Instrumen Penerimaan Peserta Didik Baru
  20. misal Program Kerja

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI LAYANAN KHUSUS
  1. misal Buku Kegiatan Harian Penjaga Sekolah
  2. misal Buku Tamu dan Buku Ekspedisi
  3. misal Buku Gangguan Keamanan
  4. misal Buku Kontrol Kendaraan

OPERATOR DAPODIK
  1. misal Buku Kegiatan Harian Operator Dapodik
  2. misal Formulir Sekolah
  3. misal Formulir Peserta Didik
  4. misal Program Kerja Pelaksana Operator Dapodik

PENYUSUNAN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP)
  1. Tata Teknik Penyusunan Samasukan Kerja Pegawai (SKP)
  2. Formulir Samasukan Kerja Pegawai (SKP)
  3. Penilaian Capaian Samasukan Kerja Pegawai (SKP)
  4. Standar Nilai Prestasi Kerja
  5. Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
  6. Monitoring Pelaksanaan Samasukan Kerja Pegawai Negeri Sipil
  7. Buku Catatan Penilaian Perilaku Pegawai Negeri Sipil
  8. Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai Pegawai Negeri Sipil

    Download Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

    Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017



    Download File:
    Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017.pdf
    Sumber: http://gtk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaa.
    Panduan Kerja Tenaga Manajemen Sekolah/Madrasah Tahun 2017 Panduan Kerja Tenaga Manajemen Sekolah/Madrasah Tahun 2017 Reviewed by informasi populer on Juni 17, 2017 Rating: 5
    Diberdayakan oleh Blogger.