Berikut ini ialah berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa. Download file format PDF.
Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa |
Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah sudah melaksanakan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain ialah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai standar kompetensi (SK) sebagai pola dalam menyebarkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 sudah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap kelas atau acara (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1).
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD ialah kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai akseptor didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2). Perubahan sikap dalam pengamalan pedoman agama dan kecerdikan pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan Buku Guru ini ialah untuk mempersembahkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang renta akseptor didik.
Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya pinjaman dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami sanggup dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas menyerupai di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.
Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi akseptor didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh alasannya ialah itu, absorpsi metode penyesuaian dan keteladanan mutlak diharapkan seperti: tad±rus al-Qur’an, doa sebelum pembelajaran dimulai, Salat Duha, Salat Zuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.
Daftar Isi Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Daftar Isi Pelajaran pada buku ini:
Petunjuk Penggunan Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Untuk mengoptimalkan penerapan buku ini, tahapan diberikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah sudah melaksanakan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain ialah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai standar kompetensi (SK) sebagai pola dalam menyebarkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 sudah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap kelas atau acara (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1).
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD ialah kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai akseptor didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2). Perubahan sikap dalam pengamalan pedoman agama dan kecerdikan pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan Buku Guru ini ialah untuk mempersembahkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang renta akseptor didik.
Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya pinjaman dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami sanggup dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas menyerupai di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.
Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi akseptor didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh alasannya ialah itu, absorpsi metode penyesuaian dan keteladanan mutlak diharapkan seperti: tad±rus al-Qur’an, doa sebelum pembelajaran dimulai, Salat Duha, Salat Zuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.
Daftar Isi Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Daftar Isi Pelajaran pada buku ini:
- Pelajaran 1 Indahnya Saling Menghormati
- Pelajaran 2 Ketika Bumi Berhenti Berputar
- Pelajaran 3 Indahnya Nama-Nama Allah Swt.
- Pelajaran 4 Ayo Membayar Zakat
- Pelajaran 5 Keteladanan Rasulullah saw. dan Sahabatnya
- Pelajaran 6 Indahnya Saling Memmenolong
- Pelajaran 7 Menerima Qada’ dan Qadar
- Pelajaran 8 Senangnya Berakhlak Terpuji
- Pelajaran 9 Ayo Berinfak dan Bersedekah
- Pelajaran 10 Senangnya Meneladani Para Nabi dan Ashabul Kahfi
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
Petunjuk Penggunan Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Untuk mengoptimalkan penerapan buku ini, tahapan diberikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
- Bacalah bab penlampauan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
- Setiap pelajaran meliputi kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi guru dengan orang tua.
- Pada sub pelajaran tertentu, penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
- Guru perlu mendorong akseptor didik untuk memerhatikan kolom-kolom atau rubrik yang terdapat dalam Buku Siswa, sehingga perhatian akseptor didik menjadi serius. Kolom-kolom tersebut adalah: Kegiatan meliputi acara yang harus akseptor didik lakukan untuk memahami materi. Tugas meliputi tes bagi akseptor didik untuk menuntaskan kiprah tertentu baik berupa hafalan atau menuntaskan soal. Sikap Kebiasaanku, sebagai motivasi semoga akseptor didik mau menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai aksara sebagai dampak pengiring dari proses pembelajaran yang dialaminya. Ayo, Berlatih untuk mengukur penguasaan akseptor didik terhadap materi yang dibahas.
- Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan, untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sanggup dijelaskan sebagai diberikut: Untuk kompetensi sikap, evaluasi terdiri atas evaluasi utama dan penunjang. Penilaian utama sanggup diperoleh dari observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari evaluasi diri dan antar kawan, alhasil sanggup dijadikan alat konfirmasi dari hasil penialian sikap oleh pendidik. Teknik evaluasi yang dipakai ialah observasi melalui wawancara, catatan guakdot (guacdotal record), dan catatan insiden tertentu (incidental record) sebagai unsur evaluasi utama.
Download Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download File:
Buku Guru PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 .pdf
Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 .pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa. Semoga bisa bermanfaa.
Buku Pai Sd Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Guru Dan Siswa
Reviewed by informasi populer
on
Juli 15, 2018
Rating: