Berikut ini yaitu berkas Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015.
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD |
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD:
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional sebut bahwa kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan terkena tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama yaitu rencana dan pengaturan terkena tujuan, isi, dan materi pelajaran, sedangkan yang kedua yaitu cara yang dipakai untuk aktivitas pembelajaran.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup beberapa aspek pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memdiberi ruang pada anak untuk membuatkan potensi dan bakatnya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan diputuskan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan semenjak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan di tiruana jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik yang lebih konsisten semenjak awal sehingga diharapkan akseptor didik bisa berubah menjadi sumber daya insan yang mempunyai kompetensi perilaku beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.
Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fundamen bagi penyiapan akseptor didik supaya lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak spesialuntuk terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan. Tanggung balasan ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.
Untuk menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan jadwal PAUD, guna perlu didiberikan pedoman, petes, dan acuan-acuan yang sanggup dijadikan sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.
Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD ialah suatu keniscayaan bila dilaksanakan gotong royong oleh seluruh komponen.
Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah pola pelaksanaan kurikulum PAUD 2013 sesuai dengan teori, filosofi, dan landasan pengembangan kurikulum tersebut yang disertai dengan contoh-contoh penerapannya.
Pedoman disusun secara sederhana, menarikdanunik, ramah, dan aplikatif supaya sanggup dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta sanggup dijadikan rujukan sesuai dengan kajian-kajian yang melandasinya.
Pedoman implementasi Kurikulum 2013 PAUD ini ialah contoh yang memungkinkan adaptasi lebih lanjut degan kondisi, potensi, dan budaya setempat. Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD yaitu keterbukaan dalam mendapatkan perubahan, baik perubahan dalam cara berpikir, kebiasaan, sikap, maupun cara kerja. Perubahan tersebut akan diberimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik.
Apa, Mengapa, dan Bagaimana KTSP?
Apa Pengertian Kurikulum?
Kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan terkena tujuan, isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal 1 angka 19)
Apa itu KTSP?
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD yaitu kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Artinya, kurikulum ini dibentuk oleh satuan pendidikan diubahsuaikan dengan karakteristik satuan PAUD menyerupai keadaan lingkungan, akseptor didik, pendidik, masukana dan pramasukana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta jadwal yang akan dilakukan oleh satuan PAUD.
Mengapa KTSP?
KTSP dibutuhkan sebagai pola atau panduan forum untuk:
- menyelenggarakan jadwal lembaga
- melaksanakan banyak sekali layanan dilembaga
- melaksanakan proses pembelajaran dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Faktor-faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan KTSP?
Dalam melaksanakan pengembangan KTSP memperhatikan:
- keragaman geografis,
- keragaman potensi sumber daya,
- ketersediaan masukana dan pramasukana yang tidak sama antarsatuan pendidikan,
- keragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya,
- karakteristik forum (misal: lingkungan, sosial, akseptor didik, visi, misi, keagamaan, inklusif),
- dll.
Download Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD
Download File:
Buku Pedoman Penyusunan KTSP PAUD.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD. Semoga bisa bermanfaa.
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Paud
Reviewed by informasi populer
on
Juni 09, 2018
Rating: