Modul Pembinaan Guru Mata Pelajaran Ppkn Sma/Smk Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma Dan Tabiat Dalam Ppkn, Permasalahan Dalam Pembelajaran Saintifik)

Berikut ini ialah berkas Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik). Download file format PDF.

Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK ini diterbitkan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewargguagaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

 Berikut ini ialah berkas Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn Sekolah Menengan Atas Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)
Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik):

Latar Belakang
Profesi guru dan tenaga kependidikan harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 ihwal Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru dan tenaga kependidikan ialah tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu “Menciptakan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif”.

Program guru pembelajar sebagai salah satu taktik pelatihan guru dan tenaga kependidikan diharapkan sanggup menjamin guru dan tenaga kependidikan semoga bisa secara terus menerus memelihara, meningkatkan, dan menyebarkan kompetensi sesuai dengan standar yang sudah diputuskan. Pelaksanaan kegiatan guru pembelajar akan mengurangi kesentidakboleh antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan tuntutan pedagogik dan profesional yang dipersyaratkan. Guru dan tenaga kependidikan melakukan acara guru pembelajar baik secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri maupun kelompok. Penyelenggaraan kegiatan guru pembelar dilakukan oleh forum petes sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Dalam hal ini dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK.

Untuk mendukung pelaksanaan tersebut diharapkan modul sebagai salah satu sumber berguru bagi peserta. Modul ialah materi latih yang dirancang untuk sanggup dipelajari secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri oleh penerima diklat meliputi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang disajikan secara sistematis dan menarikdanunik untuk mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul guru pembelajar ialah salah satu materi referensi bagi pelaksanaan kegiatan guru pembelajar. Penyusunan modul ini sudah melalui beberapa proses dan prosedur yaitu tahap: persiapan, penyusunan, pemantapan (sanctioning), dan pencetakan. Modul ini disusun untuk mempersembahkan informasi/gambaran/ deskripsi dan pembelajaran terkena materi-materi yang relevan, serta diubahsuaikan dengan standar isi kurikulum.

Tujuan
Tujuan penyusunan modul guru pembelajar secara umum ialah mempersembahkan pemahaman dan sebagai salah satu referensi bagi penerima diklat, sehingga kompetensi ranah profesional dan paedagogik tercapai. Kompetensi inti dalam ranah profesional yang hendak dicapai dalam pembelajaran pada modul ini meliputi beberapa aspek:
  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan referensi pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan SMA/SMK.
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan SMA/SMK.
  3. Mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan SMA/SMK secara kreatif.

Sedangkan kompetensi inti dalam ranah paedagogik yang hendak dicapai dalam pembelajaran pada modul ini meliputi beberapa aspek:
  1. Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
  2. Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki.
  7. Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
  8. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 

Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan dalam modul ini meliputi beberapa aspek:
  1. Permasalahan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila;
  2. Permasalahan dalam implementasi nilai-nilai Pembukaan dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  3. Permasalahan implementasi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme;
  4. Permasalahan Implementasi good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di Indonesia;
  5. Permasalahan implementasi aturan dan peradilan di Indonesia;
  6. Implementasi kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia;
  7. Implementasi derma dan penegakan HAM di Indonesia;
  8. Permasalahan implementasi sistem dan budaya politik di Indonesia;
  9. Permasalahan dalam implementasi kekerabatan internasional Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  10. Analisa permasalahan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn SMA/SMK;
  11. Analisis permasalahan model pembelajaran project based learning, discovery learning dan problem based learning;
  12. Analisis permasalahan penilaian autentik;
  13. Analisis Permasalahan penyusunan silabus dan RPP sesuai materi PPKn.

Saran Teknik Penggunaan Modul
Petunjuk penerapan modul ini sebagai diberikut:
  1. Membaca judul modul dengan teliti;
  2. Membaca penlampauan semoga memahami latar belakang penulisan modul, tujuan penyusunan modul, peta kompetensi dalam modul, ruang lingkup pembahasan, serta petunjuk penerapan modul yang termuat dalam masukan cara penerapan modul;
  3. Mengikuti alur kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pembelajaran 1 hingga dengan kegiatan pembelajaran 13. Kegiatan pembelajaran mengatakan mata diklat atau topik yang akan dibahas dalam kegiatan diklat. Setiap kegiatan pembelajaran mempunyai tujuan, indikator pencapaian, acara pembelajaran, tes/kasus/tugas, rangkuman materi, serta umpan balik dan tindak lanjut;
  4. Peserta sanggup membaca kunci jawabanan tes/kasus/tugas untuk menilik kebenaran hasil kerja sehabis mengerjakan tes/ kasus/tugas;
  5. Selanjutnya penerima sanggup latihan mengerjakan penilaian sebagai persiapan dalam mengerjakan post test di sesi selesai kegiatan ini;
  6. Terakhir penerima membaca penutup, daftar pustaka, dan glosarium.

    Download Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

    Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G



    Download File:
    Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Modul Petes Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik). Semoga bisa bermanfaa.
    Modul Pembinaan Guru Mata Pelajaran Ppkn Sma/Smk Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma Dan Tabiat Dalam Ppkn, Permasalahan Dalam Pembelajaran Saintifik) Modul Pembinaan Guru Mata Pelajaran Ppkn Sma/Smk Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma Dan Tabiat Dalam Ppkn, Permasalahan Dalam Pembelajaran Saintifik) Reviewed by informasi populer on Juni 26, 2018 Rating: 5
    Diberdayakan oleh Blogger.