Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Smp

Berikut ini yaitu berkas Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP. Download file format PDF.

Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP

Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama:

Peradaban terus berjalan melampaui batas-batas yang dibayangkan. Tanpa teks dan buku, insan akan kehilangan sejarahnya. Dan kini, tradisi membaca dan menulis belum menjadi habit; tergeser dari derasnya arus budaya audivisual yang memanjakan manusia. Tak ayal, tontonan televisi dan media online lebih digemari bawah umur muda, termasuk di dalamnya para akseptor didik.

Fenomena ini tak lantas membuat kita berhenti mengkampanyekan penumbuhan dan pembudayaan membaca dan menulis di lingkungan sekolah. Buku Manual Pen­ dukung Pelaksanan Gerakan Literasi Sekolah untuk SMP ialah salah satu upaya strategis dan sistematis untuk membuat akseptor didik menyayangi budaya literasi. Ada sepuluh langkah sederhana yang dihadirkan. Semoga simpel diimplementasikan di sekolah-sekolah SMP di seluruh Indonesia.

Pada Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP ini antara lain meliputi panduan terkena:
  1. Pembentukan Tim Literasi Sekolah di SMP
  2. Pembelajaran Literasi Melalui Pembiasaan Membaca di Rumah
  3. Kurikulum Wajib Baca di SMP
  4. Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Mata Pelajaran
  5. Tabel Tahu-Ingin-Pelajari (T-I-P)
  6. Membaca Dalam Hati
  7. Mari Bertanya tentang Buku
  8. Jurnal Membaca Harian
  9. Tiga Langkah Membaca Buku Fiksi
  10. Tiga Langkah Membaca Buku Nonfiksi

Pelaksanaan kurikulum wajib baca perlu melibatkan tiruana pihak, bukan spesialuntuk sekolah dan orang tua, tetapi pelibatan publik mutlak diperlukan. Selain itu, kurikulum wajib baca juga perlu menyesuaikan dengan SPM, khususnya untuk jumlah buku (di SMP minimal ada 200 judul buku pengayaan dan 20 judul buku referensi. Selain itu, dalam Kurikulum 2013, akseptor didik SMP wajib menuntaskan minimal 12 buku nonpelajaran/pengayaan).

Kurikulum wajib baca juga mempertimbangkan tiga tahap literasi, yakni adaptasi (belum ada tagihan), pengembangan (ada tagihan nonakademik), dan pembelajaran (ada tagihan akademik). Dalam ketiga tahap literasi tersebut, kurikulum wajib baca sanggup terwujud dalam beberapa kegiatan.

Penekanan pembelajaran literasi pada membaca dan menulis lebih banyak dite- rapkan di SD (SD/MI) dan SMP (SMP/MTs). Pembelajaran literasi yang memuat pembelajaran membaca dan menulis, intinya membutuhkan kemampuan akseptor didik dalam mengumpulkan, meng­ olah, dan menyajikan informasi. Pernyataan ini mengacu pada pengertian ke- mampuan literasi yaitu kemampuan informasi. Artinya, kemampuan seseorang menguasai informasi yang berkembang dengan sangat cepat, mulai dari mengakses, memahami, hingga menggunakannya secara cerdas. Seseorang dikatakan sudah berguru bila ia sudah menguasai informasi yang diinginkannya.

Kegiatan atau proses penguasaan informasi terjadi pula pada akseptor didik di sekolah. Mereka dikatakan berguru apabila mereka sudah menguasai sejumlah informasi yang berupa ilmu pengetahuan. Bermacam-macam pengetahuan yang dimaksudkan terdapat dalam sejumlah nama mata pelajaran. Oleh lantaran itu, akseptor didik dikatakan bisa menguasai informasi (sudah berliterasi) apabila mereka sudah menguasai sejumlah mata pelajaran. Sebaliknya, dalam rangka menguasai sejumlah mata pelajaran dibutuhkan kemampuan literasi.

Setiap mata pelajaran mempunyai ciri khas yang meliputi tujuan, ruang lingkup, dan taktik penyampaian. Itu sebabnya dalam setiap kurikulum terdapat perbedaan pengaturan untuk masing-masing mata pelajaran. Berdasarkan ciri khas ini maka dikenal kurikulum yang meliputi beberapa aspek nama mata pelajaran, yaitu Kurikulum Bahasa Indonesia, Kurikulum Matematika, Kurikulum Bahasa Inggris, Kurikulum IPA, Kurikulum IPS, dan sebagainya. Oleh lantaran masing-masing mempunyai perbedaan, maka pelaksanaan pembelajarannya pun tidak sama, termasuk bagaimana menerapkan pembelajaran literasinya. Sebagai contoh, pembelajaran literasi bahasa Indonesia tidak sama dengan pembelajaran literasi bahasa Inggris, atau dengan Matematika, dengan IPA, IPS, dan seterusnya.

    Download Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama

    Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama



    Download File:
    Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP.pdf

    Sumber: http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Semoga bisa bermanfaa.
    Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Smp Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Smp Reviewed by informasi populer on Juni 25, 2018 Rating: 5
    Diberdayakan oleh Blogger.