Contoh Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Dengan Ppk, Literasi, Hots Dan 4C

Berikut ini yakni berkas misal RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C. misal RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2017 dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative). Download file format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yakni berkas misal RPP IPS Kelas  misal RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C
misal RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C

misal RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas misal RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C:

A. Kompetensi inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, tanaman dan fauna) melalui peta rupa bumi

3.1.2 Mengidentifikasi Potensi SumberDaya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
 
3.1.3 Menjelaskan Sumber Daya Manusia yang mencakup jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya

3.1.4 Menganalisis Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) 

3.1.5 Menganalisis Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

Kompetensi Dasar (KD)
4.1 Menyajikan telaah wacana perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.1.1 Membuat Telaah wacana Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asiadan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik.

4.1.2 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas pembelajaran memakai model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, metode ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun penerima didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan balasannya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat
  1. Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran penerima didik diperlukan sanggup menunjukan kondisi Geografis benua asia dan benua lainnya
  2. Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran penerima didik diperlukan sanggup menunjukan dan memahami wacana Sumber Daya Manusia benua Asia dan benua lainnya menyerupai jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya)
  3. Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran penerima didik diperlukan sanggup menunjukan pengertian interkasi antarruang dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik.
  • Peduli
  • jujur berkarya
  • Tanggung jawaban
  • Toleran
  • Kerjasama
  • Proaktif
  • Kreatif

D. Materi Pembelajaran
  1. Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, tanaman dan fauna) melalui peta rupa bumi
  2. Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  3. Sumber Daya Manusia
  4. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) 
  5. Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

E. Materi Pembelajaran Remedial
  1. Remidial sanggup didiberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
  2. Guru memdiberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai diberikut. Menelaah Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik

F. Materi Pembelajaran Pengayaan
  1. Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan penerima didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada penerima didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  2. Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan penerima didik.
  3. Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.

G. Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Mind mapping, metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
  • Model : Discovery learning

H. Media/Alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
  • Media LCD projector, 
  • Laptop, 
  • Bahan Tayang
2. SumberBelajar
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Sumber lain yang relevan

Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas misal RPP IPS Kelas IX (9) K13 Revisi 2017 dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

misal RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013



Download File:
misal RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2017.docx

Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file misal RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C. Semoga bisa bermanfaa.
Contoh Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Dengan Ppk, Literasi, Hots Dan 4C Contoh Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Dengan Ppk, Literasi, Hots Dan 4C Reviewed by informasi populer on Mei 30, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.