Troubleshooting Aplikasi Unbk 2018

Berikut ini yaitu berkas salah satu Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018. Download file format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yaitu berkas salah satu Troubleshooting Aplikasi UNBK  Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018
Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018

Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018

Berikut ini kutipan teks dari berkas Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK 2018:

Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK
Berikut Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika mengalami permasalahan pada Persiapan dan Pelaksanaan UNBK / UBK CBT Sekolah Menengah kejuruan / Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah Pertama Sederajat :

DAFTAR ISI.
  1. Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar
  2. Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup
  3. Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet
  4. Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat
  5. Gagal Sinkronisasi
  6. Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync
  7. Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif
  8. Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?
  9. Bagaimana cara Restart CBTSync ?
  10. Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync
  11. Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet
  12. File lisensi error
  13. Serial Number tidak Muncul?
  14. Lisensi tidak Valid
  15. Berapa IP Address untuk Host Server
  16. Berapa IP Address untuk computer klien
  17. Apakah harus memakai OS 64 bit
  18. Apa saja OS yang sanggup digunakan sebagai computer klien?
  19. Bagaimana cara reset login penerima tes?
  20. Siswa gagal melaksanakan tes
  21. Tombol Play listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris tidak muncul
  22. Ada waktu yang hilang jikalau terjadi kegagalan ujian
  23. Maaf, tidak ada tes yang valid, Silahkan hubungi Admin tes
  24. Apakah sanggup melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang tidak sama dalam satu server pada ketika bersamaan?
  25. Teknik setting shared Folder
  26. Apakah boleh mengkopi file VHD yang sudah dipakai?
  27. Pada ketika create VM versi operating sistem tidak muncul WINDOWS 2012 (64bit)
  28. Mengapa tidak sanggup setting network di adapter lain?
  29. Bagaimana cara me-shutdown VM yang benar?
  30. Teknik mengkopi file Xambro ke Komputer Klien
  31. Warna goresan pena RUN pada Xambro berwarna Abu-abu
  32. Aplikasi XAMBRO pada tiruana klien berwarna abu-abu
  33. Xambro muncul 402
  34. Teknik setting lokasi Chrome
  35. Password Xambro
  36. Xambro muncul 402
  37. Ketika menginstal Xambro muncul peringatan error
  38. Menjalankan Xambro namun tidak full screen ?
  39. Teknik keluar dari Xambro

Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar:
ID server pernah digunakan oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id

Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup:
Siap untuk melaksanakan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melaksanakan submit dengan interval waktu tertentu hingga AKTIF

Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet:
Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 yaitu bridge dan NIC 2 yaitu NAT

Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan sentra cek penulisan ID Server Gagal Sinkronisasi:
Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit hingga muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi

Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync:
Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang digunakan yaitu WIB

Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif:
Silahkan restart kembali CBT SYNC setelah itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token

Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?:
Token tidak setiap ketika dibuka aksesnya oleh server pusat, spesialuntuk waktu tertentu saja

Bagaimana cara Restart CBTSync?:
Tekan tombol alt + f4

Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync:
Matikan proxy atau apabila memakai mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa

Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet:
Sesudah di cek jaenteng dengan mengakses via browser sanggup membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh

File lisensi error:
Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server sudah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona sudah sesuai.

Serial Number tidak Muncul?:
Silahkan cek kembali
  1. konfigurasi jaenteng, khususnya jaenteng Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang memakai IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
  2. Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
  3. Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)

Lisensi tidak Valid:
  1. Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
  2. Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web unbk
  3. Pastikan fitur sharing sudah aktif
Berapa IP Address untuk Host Server:
192.168.0.199

Berapa IP Address untuk computer klien:
192.168.0.XXX, XXX diisi 1 s.d. 198 dan 201 s.d. 254

Apakah harus memakai OS 64 bit:
Bebas, sanggup memakai 32 atau 64 Bit namun tidakboleh lupa setting Xambro jikalau memakai OS 32 Bit

Apa saja OS yang sanggup digunakan sebagai computer klien?:
Untuk windows, mulai dari XP hingga Windows 10, namun untuk XP harus menginstall net 3.5

Bagaimana cara reset login penerima tes?:
Tekan tab reset login penerima tes, kemudian tekan refresh peserta, kemudian tekan reset login, hingga muncul notifikasi, bahwa penerima berhasil di reset

Siswa gagal melaksanakan tes:
siswa lapor kepada proktor dan proktor melaksanakan reset login peserta

Tombol Play listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris tidak muncul:
tekan tombol f5, jikalau masih tidak sanggup maka install ulang Chrome dengan yang terbaru, minimal versi 39

Ada waktu yang hilang jikalau terjadi kegagalan ujian:
tidak ada waktu yang dikurangi, siswa waktu akan sama dengan sisa waktu yang masih dimiliki siswa

Maaf, tidak ada tes yang valid, Silahkan hubungi Admin tes:
Siswa sudah selesai mengerjakan tes, sehingga tidak sanggup mengerjakan soal ujian yang selesai dikerjakan meskipun masih ada sisa waktu

Apakah sanggup melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang tidak sama dalam satu server pada ketika bersamaan?:
Tiap sesi spesialuntuk boleh satu mata pelajaran saja

Teknik setting shared Folder:

  • Klik sajian device, shared clipboard, pilih bidirectional
  • Klik sajian device, drag and drop, pilih bidirectional
  • Shared folder > setting shared
  • Klik logo folder dan Plus
  • Pilih other, klik daerah penyimpanan>save
  • Pilih network>vboxsvr
Apakah boleh mengkopi file VHD yang sudah dipakai?:
Tidak, pastikan melaksanakan backup file VHD sebelum digunakan pada Virtual Box

Pada ketika create VM versi operating sistem tidak muncul WINDOWS 2012 (64bit):
  1. Cek hardware yang digunakan apakah 64 bit, 
  2. Cek OS di komputer server localhost memakai 64 Bit, 
  3. Cek BIOs pada configuration processor atau Security, aktifkan sajian virtualization

Mengapa tidak sanggup setting network di adapter lain?:
Shutdown terlebih lampau VM, sebelum start VM kembali, dilampaui dengan mensetting Jaenteng, untuk adapter 1 dan 2. Kaprikornus menambah dan setting adapter tidak sanggup dilakukan pada ketika sistem VM dalam kondisi berjalan. Proses setting ketika VM sedang berjalan akan mengakibatkan VM Crash

Bagaimana cara me-shutdown VM yang benar?:
Klik kanan pada logo windows didalam VM, klik Shutdown or sign out, klik shutdown, unplanned. tunggu hingga VM mati

Teknik mengkopi file Xambro ke Komputer Klien:
Silahkan kopi folder Xambro ke komputer klien yang sanggup diambil pada folder prerequisite dibagian data pendukung di web unbk.kemdikbud.go.id

Warna goresan pena RUN pada Xambro berwarna Abu-abu:
  1. Pastikan spesialuntuk ada 1 server saja, 
  2. koneksi komputer klien spesialuntuk memakai LAN saja - disable/matikan adapter jaenteng lainnya, 
  3. serta matikan firewall windows dan antivirus pada host, 4. tidakboleh lupa settingan lokasi chrome disesuaikan

Aplikasi XAMBRO pada tiruana klien berwarna abu-abu:
Silahkan cek setting jaenteng pada Virtual Box, pastikan NIC 1 yaitu bridge dan NIC 2 yaitu NAT

Xambro muncul 402:
Buka Task Manager dan pilih Chrome.exe, klik kanan dan klik end task, gres buka kembali Xambro, pastikan Xambro yang digunakan yang terbaru. file terdapat pada file pendukung UNBK, di web ini

Teknik setting lokasi Chrome:
Silahkan klik kanan pada aplikasi chrome dan klik Properties, kopi alamat pada sasaran dan hilangkan tanda kutip dua, di awal dan di akhir, referensi C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Password Xambro:
defaultnya 12345

Xambro muncul 402:
Pastikan settingan Network pada server, adapter 1 yaitu bridge dan tipenya harus diubahsuaikan dengan LAN yang akan diakses klien, 2. Tutup Xambro dan chrome, 3. buka kembali Xambro

Ketika menginstal Xambro muncul peringatan error:
Perhatikan Kemungkinan yang terjadi , 
a) .net framework dibawah 3.5 solusinya instal .net framework (kami sudah sediakan di folder prerequisite); 

b) File yang di copy ke client kurang dari 3 file (exambrowser.exe,exambrowser.exe.config, gma.useractivitymonitor.dll). Apabila paste file extension ke desktop tidakboleh lupa paste shortcut ; 

c) chrome.exe yang terinstall tidak terinstall ke aktivitas files, cara mengeceknya yaitu buka run command dengan cara menekan windows+R kemudian tulis di textboxnya dengan chrome.exe kemudian tekan ok.

Menjalankan Xambro namun tidak full screen?:
Sebelum menjalankan xambro, tutup terlebih lampau browser yang ingin digunakan di xambro, contohnya chrome maka tutuplah chrome terlebih lampau (tidakboleh spesialuntuk di minimize) kemudian tekan RUN di Xambro. Sedangakan Untuk browser yang pada ketika di buka namun layarnya ti dak Maksimal (bukan full screen) maka maximize dulu dengan menekan tombol maximize di pojok kanan atas. Sesudah itu tutup browsernya dan jalankan xambronya

Teknik keluar dari Xambro:
Tekan Tombol CTRL kiri+h+c+b setelah itu alt+F4

Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018



Download File:
Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK 2018.docx
Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018.docx

Sumber: Facebook Group Proktor & Teknisi UNBK SMA/SMK/MA/SMP/MTs (Dikutip tanggal 10 Februari 2018)

Demikian yang sanggup kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018. Semoga sanggup bermanfaa.
Troubleshooting Aplikasi Unbk 2018 Troubleshooting Aplikasi Unbk 2018 Reviewed by informasi populer on Februari 14, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.