Berikut ini yakni berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan - Ditjen Dikdasmen - Kemdikbud RI Tahun 2017. Download file PDF.
Revisi Buku Pedoman FLS2N Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 |
Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017:
Peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan terus dikembangkan melalui banyak sekali kegiatan baik akademik maupun non akademik berupa kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler maupun non kurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yaitu pengembangan diri penerima didik, yang sanggup menjadi masukana mulut diri dan pencapaian kompetensi. Untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di bidang seni dan budaya, perlu ruang untuk mengapresiasi penumbuhkembangan talenta dan minat penerima didik dalam bidang tersebut. Oleh alasannya itu dipandang perlu diselengarakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017 yang dibuka bagi penerima didik dari seluruh provinsi di Indonesia, baik dari Sekolah Menengah kejuruan bidang keahlian seni maupun non seni, yang sanggup menjadi ajang mulut sekaligus unjuk kompetensi dalam bidang seni.
Pedoman ini disusun untuk mempersembahkan informasi kegiatan dan kegiatan penyelenggaraan FLS2N sekaligus sebagai contoh bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N ini. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada tiruana pihak yang sudah berperan aktif dalam penyelenggaraan FLS2N tahun 2017.
Latar Belakang
Lulusan Sekolah Menengah kejuruan dibutuhkan sanggup menjadi tenaga kerja yang berkarakter, produktif dan bisa menjawaban tantangan dunia kerja yang penuh persaingan.
Kualifikasi calon tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja selain cakap dalam bidang keilmuan dan keterampilan (hard skills) juga keunggulan dalam abjad yang lebih dikenal dengan soft skills. Dunia kerja cenderung mempunyai calon tenaga kerja yang mempunyai soft skills lebih baik meskipun hard skills nya lebih rendah. Penguasaan dalam bidang seni dan budaya mengasah soft skills siswa, untuk itu Festival dan Lomba Seni bagi siswa Sekolah Menengah kejuruan dinilai perlu secara konsisten dilakukan guru mengukur ketercapaian kompetensi si bidang seni dan budaya.
Sekolah Menengah kejuruan kegiatan keahlian seni pertunjukan ialah sekolah yang salah satu tujuannya yakni untuk melestarikan warisan seni dan budaya luhur bangsa Indonesia serta untuk menghasilkan siswa yang mempunyai kompetensi dan prestasi di bidang seni dan budaya. Program Keahlian yang dibuka pada Sekolah Menengah kejuruan antara lain seni musik dan seni tari. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Sekolah Menengah kejuruan non seni pertunjukan juga menyelenggarakan pembelajaran seni budaya baik melalui intra maupun ekstrakurikuler.
melaluiataubersamaini dibukanya Program Keahlian dimaksud bertujuan semoga penerima didik sanggup difasilitasi sesuai talenta dan minatnya dalam rangka pembangunan karakter, sehingga bisa menjadi anggota masyarakat yang demokratis, mempunyai kebijaksanaan pekerti yang luhur dengan tetap memperhatikan norma-norma sosial di masyarakat.
Pendidikan abjad menjadi suatu keharusan, lantaran pendidikan tidak spesialuntuk menyebabkan penerima didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai kebijaksanaan pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi.
Sebagai upaya mempersembahkan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, berafiliasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, penggiat seni dan budaya, serta praktisi pendidikan, dan kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017.
melaluiataubersamaini terselenggaranya FLS2N, dibutuhkan akan memdiberi peluang kepada para penerima didik untuk menyebarkan abjad dan prestasi seni melalui kreasi seni.
Dasar Hukum
Dasar pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017, adalah:
- Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
- Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
- Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
- DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Peningkatan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2017.
Tujuan
- Membangun abjad bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
- Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus menyebarkan perilaku kompetitif dalam diri siswa, sehingga bisa mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
- Mengembangkan talenta dan minat dalam bidang seni, sekaligus sebagai masukana promosi potensi penerima didik kepada dunia perjuangan dan industri khususnya ekonomi kreatif.
- Memdiberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
- Mempererat perteman dekatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari banyak sekali abjad dengan tingkat keterampilan dan budaya yang tidak sama.
Hasil yang diharapkan
- Terbangunnya abjad bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
- Tercapainya peningkatan kreativitas siswa dalam bidang seni dan berkembangnya perilaku kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
- Berkembangnya talenta dan minat khususnya di bidang seni dan potensi siswa dikenal oleh dunia perjuangan dan industri khususnya ekonomi kreatif.
- Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
- Terjalinnya perteman dekatan yang erat, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari banyak sekali abjad dengan tingkat keterampilan dan budaya yang tidak sama.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 30 September 2017 bertempat di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Download Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017
Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Download File:
Revisi Buku Pedoman FLS2N Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017.pdf
Sumber: https://pesertadidik.ditpsmk.net
Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tingkat Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaa.
Revisi Buku Aliran Fls2n Smk Tahun 2017
Reviewed by informasi populer
on
Juni 21, 2017
Rating: