Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat Sd Revisi 2017 Terbaru

Berikut ini yaitu berkas Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru.

 Berikut ini yaitu berkas Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum  Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru
Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru

Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru

Berikut ini kutipan teks dari isi salah satu berkas Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 yaitu Panduan Umum Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 SD yang diterbitkan oleh Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

Kurikulum 2013 sudah digunakan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran mulai tahun 2013 secara bertahap. Sampai dengan tahun 2016, Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di 25% sekolah dasar dan pada tahun 2017 ditargetkan aksesori sebanyak 35% sekolah dasar atau sekitar 52.572 sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Kunci dari pelaksanaan Kurikulum 2013 terletak pada guru, sehingga guru perlu didiberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) dan pendampingan penerapan Kurikulum 2013 di sekolah. Melalui acara bimtek dan pendampingan kurikulum diharapkan guru bisa dan terampil mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara kreatif, inspiratif, dan konsisten. Panduan Umum Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 SD disusun dalam rangka menyediakan panduan bagi para tiruana pihak yang terlibat dalam acara bimtek dan pendampingan.

Latar Belakang
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 wacana Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pasal 4, ditetapkan bahwa: Satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sanggup melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling usang hingga dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memdiberi peluang kepada sekolah yang belum siap melaksanakan K13 untuk tetap melaksanakan Kurikulum 2006 sambil melaksanakan persiapan-persiapan sehingga selambat-lambatnya pada tahun 2020 sekolah tersebut sudah mengimplementasikan K13 setelah mencapai kesiapan yang optimal. Sebagai langkah awal, yang sudah dilakukan dalam rangka persiapan Pelaksanaan Kurikulum 2013 yaitu melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah serta unsur-unsur lain yang terlibat eksklusif dalam proses pendidikan.

Kurikulum 2013 sudah diterapkan semenjak tahun 2014, 2015, 2016 secara berturut-turut di 6,25%, 18,75%, dan 25% sekolah dasar di seluruh Indonesia. melaluiataubersamaini demikian hingga dengan tahun 2016, Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di 37.034 sekolah dasar. Pada tahun pelajaran 2017/2018 ditargetkan pelaksanaan Kurikulum 2013 di 35% sekolah dasar samasukan gres atau sebanyak 52.572 sekolah, sehingga diharapkan sebanyak 60% dari seluruh sekolah dasar sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah dasar, perlu dilakukan petes kepada tiruana pihak yang melaksanakan pembinaan, serta pendampingan terhadap pelaksana di tingkat satuan pendidikan, termasuk kepala seokolah, guru, serta pengawas. Bentuk peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan tiruana pelatih kurikulum mengikuti dinamika perkembangan kebijakan dan peraturan.

Merujuk perkembangan kebijakan kementerian, tiruana pelatih Kurikulum 2013 sekolah dasar, mulai narasumber nasional (NN), pelatih provinsi (IN), dan pelatih kabupaten/kota (IK) penyebutannya pada tahun 2017 disederhanakan menjadi Instruktur Kurikulum. Petes Instruktur Kurikulum pada tahun 2017 perlu dilakukan dengan maksud untuk mempersembahkan penyegaran dan updating terhadap perkembangan terbaru dalam bentuk bimbinga teknis. melaluiataubersamaini kata lain, petes pelatih kurikulum di sekolah dasar dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis, sehingga mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 33/PMK.02/2016 wacana Standar Biaya Masukan, satuan jam yan digunakan dalam acara bimbingan teknis yaitu 60 menit.

Bimtek dan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah dasar diselenggarakan secara terkoordinatif antara Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, LPMP, dan satuan pendidikan sesuai dengan kiprah dan kiprah masing- masing. Direktorat Pembinaan SD akan melaksanakan bimbinga teknis tim pengembang kurikulum 2013 sekolah dasar tingkat sentra yang terdiri atas pelatih kurikulum tingkat sentra dan provinsi, sedangkan LPMP akan menyelenggarakan bimbingan teknis terhadap pelatih kurikulum tingkat kabupaten/kota serta guru samasukan melalui acara bimbingan teknis dan pendampingan.

Agar tiruana pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Bimtek dan pendampingan tersebut sanggup menjalankan peran/tugasnya dengan baik, perlu disusun Panduan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Panduan ini antara lain mencakup beberapa aspek latar belakang, landasan hukum, tujuan, samasukan, pendanaan, konsep dasar bimtek, konsep dasar pendampingan, taktik pelaksanaan bimtek dan pendampingan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan. melaluiataubersamaini panduan ini diharapkan ada persamaan persepsi dan langkah training dalam melaksanakan bimbingan teknis dan pendampingan penerapan Kurikulum 2013 di sekolah dasar.

Landasan Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2007 wacana Rencana Pembangunan Nasional Tahun 2005-2025;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 wacana Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan jo Nomor 66 Tahun 2010;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan beserta perubahannya jo Nomor 32 Tahun 2013 jo. Nomor 23 Tahun 2015;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Pramasukana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum;
  7. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 wacana Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan di Kabupaten/Kota jo Nomor 23 Tahun 2013;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 tentan Mutan Lokal Kurikulum 2013;  
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 105 Tahun Kebudayaan 2014 wacana Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun Kurikulum 2013; 
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 wacana Penumbuhan Budi Pekerti;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 wacana Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 wacana Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 wacana Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
  18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
  19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan;
  20. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  21. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 wacana Komite Sekolah;
  22. Peraturan Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5496/C/KR/2014 dan Nomor 7915/D/KP/2014 Tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Tujuan Panduan
Penyusunan panduan secara umum bertujuan untuk menyediakan pola bagi tiruana pihak dalam melaksanakan bimbingan teknis dan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 sekolah dasar tahun 2017.

Secara khusus penyusunan panduan ini bertujuan untuk:
  1. Menyediakan pola bagi tiruana lembaga tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan satuan pendidikan dalam melaksanakan acara bimbingan teknis dan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah dasar;
  2. Memfasilitasi tiruana pihak dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan pelaksanaan bimtek dan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 tahun anggaran 2017;
  3. Menyediakan pola teknis termasuk struktur agenda dan materi bimbingan teknis di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah samasukan supaya pelaksanaan bimtek implementasi Kurikulum 2013 sanggup berjalan secara efektif dan efisien.
  4. Memfasilitasi tiruana pihak dalam rangka penguatan, penyegaran, dan peningkatan pemahaman pengawas, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan orangtua serta komite sekolah, untuk mendukung penerapan kurikulum secara efektif dan efisien.

Samasukan Panduan
Samasukan pengguna Panduan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Tahun 2017 antara lain:
  1. Penyelenggara bimtek pelatih pusat;
  2. Penyelenggara bimtek pelatih kabupaten/kota;
  3. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar;
  4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan;
  5. Pusat Penilaian Pendidikan;
  6. P4TK, LPPKS, dan LPMP;
  7. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
  8. Kepala sekolah dasar pelaksana Kurikulum 2013;
  9. Pengawas SD; dan
  10. Guru kelas, guru mata pelajaran agama, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. 

Pengertian
Bimtek kurikulum dalam panduan ini dimaknai sebagai proses fasilitasi pemerolehan dan/atau peningkatan kompetensi implementasi Kurikulum 2013 oleh narasumber/instruktur. Bimtek kurikulum tahun 2017 dilaksanakan secara sedikit demi sedikit sebagai diberikut.
  • Peserta bimtek kurikulum di sentra berjumlah 650 orang instrukur kurikulum yang ialah adonan dari narasumber nasional, pelatih nasional, dan pelatih provinsi. Komposisi pelatih kurikulum terdiri dari widyaiswara P4TK, LPPKS, LPMP, Pengawas, dan/atau Dosen LPTK yang pernah mengikuti bimtek atau petes Kurikulum 2013.
  • Peserta bimtek Kurikulum 2013 di tingkat kabupaten/kota berasal dari seluruh kabupaten/ kota berjumlah 12.547 orang yang terdiri dari unsur LPMP/P4TK, widyaiswara, kasi kurikulum dinas pendidikan kab/kota, dan praktisi pendidikan yang pernah mengikuti bimtek atau petes Kurikulum 2013.
  • Peserta bimtek kurikulum di sekolah samasukan berjumlah 262.680 orang yang terdiri dari guru kelas 1, guru kelas 4, guru agama/guru PJOK, dan kepala sekolah dari sekolah samasukan Kurikulum 2013 tahun 2017.

Narasumber atau pelatih bimtek pelaksanaan kurikulum 2013 berasal dari unsur tim pengembang kurikulum, praktisi pendidikan, akademisi, dan administrasi bidang pendidikan, dengan rincian sebagai diberikut.

a. Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dengan kriteria:
  • Penulis KI, KD, Silabus, dan pedoman tematik/mata pelajaran
  • Penulis pedoman penilaian
  • Penulis buku teks tematik/matapelajaran
b. Praktisi pendidikan menyerupai guru, kepala sekolah, pengawas, pegiat pendidikan dengan kriteria:
  • Telah mengikuti ToT bimtek dan pendampingan Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Direktorat PSD, LPMP atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan hasil sekurang- kurangnya BAIK.
  • Memiliki akta pendidik.
  • Memiliki pengalaman sebagai narasumber minimal tingkat kabupaten sebagai guru inti atau guru pemandu mata pelajaran.
  • Bila memungkinkan berasal dari sekolah yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013.
c. Akademisi menyerupai Dosen LPTK, Widyaiswara P4TK, Widyaiswara LPMP dengan kriteria:
  • Memiliki riwayat pendidikan sesuai mata pelajaran yang difasilitasi.
  • Telah mengikuti ToT bimtek dan pendampingan Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Direktorat PSD, LPMP atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan hasil sekurang-kurangnya BAIK.
  • Bersedia melaksanakan tugas.
d. Manajemen bidang pendidikan yang berasal dari lembaga/instansi:
  • Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
  • Pusat Kurikulum dan Perbukuan
  • Pusat Penilaian Pendidikan
  • Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  • Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan

Prinsip Bimbingan Teknis
Bimtek pelaksanaan kurikulum 2013 didiberikan oleh fasilitator dengan prinsip-prinsip diberikut:
a. Menyeluruh, yaitu diikuti oleh tiruana pemangku kepentingan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sebagai peserta dengan materi tiruana komponen pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah;
b. Kolegial, yaitu relasi kesejawatan antara pemdiberi dan peserta bimtek;
c. Profesional, yaitu fasilitator mempunyai kompetensi (penguasaan terkena pelaksanaan kurikulum) yang memadai dan mempersembahkan bimtek dan pendampingan dengan baik; 
d. Sikap percaya, yaitu yang mendapatkan bimtek dan pendampingan mempunyai perilaku percaya kepada fasilitator bahwa informasi, masukan, solusi, dan contoh yang didiberikan yaitu yang memang sesuai dengan kurikulum dan fasilitator percaya bahwa para peserta bimtek dan pendampingan mempunyai kemauan berpengaruh untuk memahami dan akan melaksanakan kurikulum dengan baik;
e. Berdasarkan kebutuhan, yaitu materi bimtek dan pendampingan yaitu materi yang relevan dan masih belum dikuasai dan/atau memerlukan penguatan;
f. Berkelanjutan, yaitu bahwa bimtek dan pendampingan pelaksanaan kurikulum dilanjutkan oleh guru/sekolah sendiri dan/atau melalui KKG dan KKKS di gugus sekolah, lembaga Komite Sekolah, dan lembaga lainnya yang relevan.

Tujuan Bimbingan Teknis
Tujuan umum bimtek Kurikulum 2013 sekolah dasar yaitu untuk mempersembahkan penyegaran kepada tiruana pelatih kurikulum dalam rangka meningkatkan wawasan dan updating sesuai dengan dinamika dan perkembangan kebijakan terkini.

Secara khusus acara bimbingan teknis penerapan Kurikulum 2013 sekolah dasar bertujuan untuk:
a. Meningkatkan pemahaman pelatih kurikulum dalam melaksanakan training dan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 sekolah dasar; 
b. Meningkatkan keterampilan pelatih kurikulum dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 sekolah dasar sesuai dengan perkembangan;
c. Memdiberikan bekal kepada tiruana pelatih dengan materi dan materi yang diharapkan untuk mendampingi sekolah dalam menerapkan Kurikulum 2013;
d. Memfasilitasi dan mendampingi satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien, sesuai dengan landasan psikologis pengembangan kurikulum;
e. Memdiberikan penguatan kepada peserta bimtek berkenaan dengan materi pokok, materi umum, dan materi penunjang terkait dengan implementasi Kurikulum 2013.
f. Mengembangkan keterampilan peserta bimtek dalam melaksanakan pendampingan terhadap guru, kepala sekolah, pengawas, dan pemangku pendidikan di sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013.
g. Memdiberikan fasilitasi kepada sekolah samasukan dalam menerapkan Kurikulum 2013.
h. Memdiberikan menolongan konsultasi, pemodelan (modelling) dan penguatan secara personal, dan spesifik (coaching) bagi guru, kepala sekolah, pengawas, dan pemangku pendidikan dalam implementasi Kurikulum 2013 secara eksklusif di sekolah.
i. Memmenolong mempersembahkan solusi kontekstual dalam menuntaskan permasalahan yang dihadapi sekolah samasukan dalam implementasi Kurikulum 2013 di sekolah.
j. Meningkatkan keterampilan guru dalam memakai buku guru dan siswa, menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP), mengelola pembelajaran, melaksanakan penilaian pembelajaran, mengisi buku rapor, dan menerapkan literasi serta penguatan pendidikan abjad dalam pembelajaran.



Download Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru

Selengkapnya terkena susunan dan isi berkas Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Download File:

Materi Umum
Kebijakan dan Konsep Dasar PPK 2017.pptx
Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013.pptx
Modul PPK bagi Guru 2017.pdf
Modul PPK Berbasis Kelas 2017.pptx
PPT. PPK (PaK Arie Budiman ).pptx
1.3 PPT Penerapan Literasi dalam Pembelajaran Jenjang SD Edisi Revisi.pptx
1.3 SILABUS BIMTEK Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran.docx

Materi Pokok
2.5.a PPT Penyusunan Soal HOTS.pptx
2.5.b PPT Penilaian Tingkat Kelas.pptx
2.2.b PPT Bimbingan PSIKO EDUKATIF 2.pptx
2.2. PPT Bimbingan PSIKO EDUKATIF.pptx
2.5 PPT Penyusunan Soal HOTS SD.pptx
2.7 PPT Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar.pptx

Bahan Suplemen
Panduan Penilaian SD 2016 A4 with Cover.pdf
Draft Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di SD.pdf
Draft Panduan Supervisi Pembelajaran di SD.pdf
Draft Panduan Pengembangan KTSP di SD.pdf
Draft Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu SD.pdf
Draft Panduan Pemanfaatan Sudut Baca di SD.pdf
Draft Panduan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi SD.pdf
Draft Buku Panduan Pemanfaatan dan pengembangan Perpustakaan SD.pdf
Draft Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD.pdf
Panduan Umum Bimtek K13 SD 2017 rev Judul Cover.pdf

Buku Guru dan Buku Siswa
Tematik Buku Guru Tema 5 - Kelas 1 Tema 5 BG.pdf
Tematik Buku Guru Tema 6 - Tematik Buku Guru Kelas 1 Tema 6.pdf
Tematik Buku Guru Tema 7 - Kelas I Tema 7 BG.pdf
Tematik Buku Guru Tema 8 - BG Kelas 1 Tema 8.pdf
Tematik Buku Siswa Tema 5 - Kelas 1 Tema 5 BS.pdf
Tematik Buku Siswa Tema 6 - Tematik Buku Siswa Kelas 1 Tema 6.pdf
Tematik Buku Siswa Tema 7 - Kelas I Tema 7 BS.pdf
Tematik Buku Siswa Tema 8 - BS-Kelas 1 Tema 8.pdf


Demikian yang bisa kami sampaikan terkena keterangan berkas dan share file Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat SD Revisi 2017 Terbaru. Semoga bisa bermanfaa.
Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat Sd Revisi 2017 Terbaru Materi Bimtek Penyegaran Kurikulum 2013 Tingkat Sd Revisi 2017 Terbaru Reviewed by informasi populer on Juni 10, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.